Kiat Fresh dan Sehat Dengan Olahraga Ringan Saat Berpuasa

Menjalankan ibadah puasa, apalagi memasuki hari terakhir bulan Ramadhan bukan berarti tidak melakukan apa-apa untuk kebugaran dan kesehatan jasmani, tidak ada salahnya untuk terus melakukan olahraga ringan supaya tubuh tetap sehat dan bugar. Tentunya kita berharap agar tubuh kita akan tetap fresh dan sehat, karena sebentar lagi hari yang dinanti akan tiba, yakni Hari Raya.

Banyak manfaat yang diberikan oleh olahraga ringan, bahkan, penelitian menyatakan bahwa orang yang berjalan kira-kira 20-25 mil per minggu, lebih berpotensi untuk memiliki umur yang panjang dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Memang pada saat berpuasa kondisi tubuh tidak seperti biasanya. Perut kosong dan kurang bertenaga. Tetapi kondisi ini tidak boleh menghalangi kita untuk tetap berolahraga dan melakukan aktivitas fisik lainnya. Tujuan berolahraga disini adalah demi kesehatan tubuh kita. Karena itu tetap lakukan olahraga yang ringan-ringan saja, tidak perlu melakukan olahraga yang berat-berat. Olahraga yang berat justru akan menguras tenaga dan membuat tubuh menjadi lemas. Keringat yang keluar bercucuran akan membuat dehidrasi. Olahraga yang seperti inilah yang justru menyiksa tubuh kita. Lakukan sewajarnya dan sekuatnya saja, yang penting ada aktivitas fisik walaupun menjalankan puasa.

Misal kita cukup melakukan stretching (peregangan) atau senam. Bila masih kuat bolehlah jalan kaki 20 menit atau bahkan jogging (lari-lari kecil).

 

Berikut beberapa olahraga ringan yang dapat dijadikan refrensi untuk dilakukan, antaralain:

1. Joging, dengan melakukan joging selama berpuasa, sangat baik untuk kebugaran dan kesehatan tubuh. Joging yang dilakukan dipagi hari tidak akan menimbulkan haus yang berlebihan, hal tersebut dikarenakan kondisi tubuh masih dalam keadaan segar.

2. Bersepeda, merupakan olahraga alternatif selain joging yang juga dapat dilakukan selama berpuasa. Dengan bersepeda dipagi hari akan menjaga setamina tubuh selama berpuasa.

3. Jalan cepat, bagi yang tidak ingin melakukan kedua hal diatas, jalan cepat termasuk pilihan lain olahraga pagi yang cukup ringan untuk dilakukan ketika berpuasa bersama orang terdekat.

4. Sit up dan push up, olahraga tambahan pagi hari saat puasa. Untuk melengkapi kegiatan olahraga pagi, lakukan sit up atau push up secukupnya agar kebugaran tubuh tetap terjaga.

Olahraga lain yang dapat dilakukan selama puasa dengan intensitas yang cukup berat seperti sepak bola, lari jarak jauh, basket, fitnes, bulutangkis, baiknya dilakukan di sore hari karena kondisi tubuh ketika melakukan olahraga berat akan mengeluarkan kalori yang cukup tinggi, sehingga menimbulkan rasa lelah dan haus. Semoga bermanfaat…(ad)

 

 

 

Similar Posts
3 Titik Ini untuk Bikin Wanita Benar Benar ‘Melayang’
Detik Solusi  Sentuhan bisa membangunkan gairah wanita untuk bercinta. Selain itu, sentuhan di titik yang tepat juga mampu membuat wanita...
Makanan Ini Ternyata Dapat Meningkatkan Gairah Sex Lho!
Kalau kita mendengar kata oyster, langsung identik dengan aphrodisiac food atau makanan yang bisa meningkatkan gairah seksual. Tapi tahukah anda...
Kerap Merasakan Was Was atau Kebimbangan Yang Berlebihan, Coba Tips Berikut
Tips, Detik.in – Terdapat bagian-bagian yang ada di badan kita, yang mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan fisik. Bukan hanya...

There are no comments yet, add one below.

Leave a Reply


Name (required)

Email (required)

Website