Detik Edukasi : Pengertian Apa Itu PERSEKUSI dan Contoh-contoh Persekusi

Pada beberapa hari belakangan indonesia disibukan dengan kasus persekusi. Media media besar di indonesia ramai-ramai mengulas kasus persekusi yang ternyata menjamur dan sangat banyak terjadi di indonesia. Meskipun telat karena ternyata kasus persekusi ini sering terjadi di indonesia dan mungkin tidak disadari oleh sebagian besar orang.

Apa itu persekusi?

Pasti sudah tidak asing ditelinga agan dengan kata “persekusi”. Supaya to the poin mari kita lihat saja contoh-contoh persekusi yang terjadi di indonesia baru baru ini.

Mulai viral ketika seorang remaja berinisial PMA yang diduga mengolok tokoh Agama dan Front Pembela Islam melalui akun facebooknya. Puncaknya ketika PMA dilabrak oleh segerombolan orang pada 29 Mei, dan direkam di Live instagram beberapa jam sebelum sahur. Direkaman tersebutpun terlihat PMA diinterogasi, dibentak, ditempeleng, dan diminta untuk buat surat pernyataan menyesal.

Atau kemudian mencuat pula kasus dr Fiera Lovita di daerah solok sumatera barat yang juga dipersekusi oleh front pembela islam (FPI) karena menghina imam besar fpi habib risik.

Atau ada pula sebut saja seperti deddy corbuzier yang menangkap seorang hater yang mencaci maki di instagram. Kemudian dengan gagahnya deddy corbuzier mengancam sang hatters tersebut untuk tidak mengulangi perbuatanya. Hal ini termasuk bentuk bentuk persekusi karena menangkap seorang hater tersebut sama sekali bukan tugas dari seorang dedy corbuzier melainkan tugas polisi.
Atau ada juga contoh kasus lainya yang baru baru ini hangat di media sosial yakni Ustad Arifin ilham mengultimatum dan mensomasi orang orang yang menghinanya di media sosial yang kemudian meminta orang tersebut berjanji di atas materai untuk meminta maaf dst. Ini juga termasuk tindakan persekusi.

Asal usul, kenapa kata “persekusi” bisa muncul?

Tidak lama setelah Live Instagram PMA viral, beberapa LSM mengategorikan aksi labrak itu sebagai “persekusi.” Setelah itu, berita tentang aksi labrak yang menimpa PMA banyak diberitain ulang media menggunakan kata “persekusi.” Voila! Kata itu populer dan orang awam yang gak ngerti artinya kebingungan sendiri.

Jadi, apa itu persekusi ?

Mengacu pada KBBI Online, “persekusi” (pér-se-ku-si) adalah kata kerja yang artinya pemburuan sewenang-wenang terhadap seorang atau sejumlah warga dan disakiti, dipersusah, atau ditumpas.
Ketika kata itu berubah bentuk jadi kata aktif “memersekusi”, artinya berubah lebih simpel jadi menyiksa atau menganiaya. Jenis-jenis kekerasan yang termasuk persekusi di antaranya, adalah di bawah ini:

Kekerasan fisik; Termasuk pemukulan, pemborgolan, pengikatan anggota tubuh, penyetruman, pemeriksaan tubuh secara paksa, atau jenis kekerasan lain, baik menimbulkan luka serius ataupun tidak,

  • Penyiksaan; Termasuk perkosaan (amit-amiit) hingga penindasan mental,
  • Pelanggaran HAM; Termasuk membunuh dan memperbudak,
  • Ancaman; Terutama, bila ancamannya serius atau sampai menimbulkangangguan psikologis,
  • Penahanan tanpa dasar hukum; Contohnya, dilarang pergi dari suatu tempat tanpa persetujuan hakim atau campur tangan pihak berwajib,
  • Diskriminasi; Misalnya, ngelarang warga keturunan tertentu untuk dapet pekerjaan tertentu,
  • Gangguan psikologis; Termasuk, intimidasi dan tindakan lain yang mengganggu mental seseorang.

Similar Posts
Berbagi Kasih : Pemdes Bendosari Berikan Santunan dan Apresiasi
PUJON, Detik.in – Menjelang akhir  bulan Suci Ramadhan serta menghadapi hari Raya Idul Fitri dimanfaatkan Pemerintah Desa Bendosari, Kecamatan Pujon,...
Himbauan ketua umum Surabaya digital city agar mudik aman dan nyaman gunakan tehnologi digital
Surabaya ( 23/6/2017) – Hari raya idul fitri 1438H tinggal menunggu beberapa jam lagi dan pastinya hari ini banyak sekali...
Cara Untuk Memahami Karakter Melalui Telapak Tangan
Setiap orang itu unik. Ia memiliki kombinasi sifat yang berbeda-beda yang membentuk karakternya. Ada orang yang cenderung memendam semua hal...

There are no comments yet, add one below.

Leave a Reply


Name (required)

Email (required)

Website